Para desainer di Wardah fashion show IFW 2024/WARDAH
Para desainer di Wardah fashion show IFW 2024/WARDAH
KOMENTAR

BERKOMITMEN untuk mendukung kemajuan industri fesyen Indonesia, WARDAH kembali hadir di ajang Indonesia Fashion Week (IFW). Pada IFW 2024, Wardah mengangkat tema “Make Your Way for Goodness” dalam fashion show yang digelar pada Sabtu, 30 Maret 2024 di Jakarta Convention Center.

Ada empat brand yang dihadirkan Wardah di runway IFW 2024 yaitu Kami., Purukambera, Haidee & Orlin, serta Ria Miranda.

Selain empat brand papan atas tersebut, Wardah juga menghadirkan empat local brand yaitu Hi. Prima, Arabelle, Kimmyra, dan Breena yang terpilih dari ajang Wardah Modestverse.

“Wardah Modestverse adalah salah satu bigger movement kami untuk fesyen Indonesia. Tahun ini tahun kedua penyelenggaraan dan kami bikin lebih besar lagi dengan membawa desainer atau fashion brand terpilih untuk tampil di Indonesia Fashion Week,” ujar Elsa Maharani selaku Head of Public Relations for Halal, Teens, Emerging Beauty and Personal Care PT Paragon Technology & Innovation, dalam konferensi pers di Mini Creative Stage IFW (30/3).

Menurut Elsa, ada banyak sekali local brand yang bagus dan sudah besar. Wardah berkolaborasi dan mendukung local brand di berbagai daerah untuk berkembang menjadi lebih besar, termasuk tampil di pentas nasional, dan bukan tidak mungkin kelak akan go global.

Yang menjadikan fashion show ini semakin Istimewa adalah kehadiran Putri Ariani sebagai pembuka sekaligus penutup fashion show. Putri bermain piano sambil menyanyikan sejumlah lagu, salah satunya adalah Teruskan Langkah Baikmu yang merupakan kolaborasi antara Putri dan Wardah.

Brand pertama yang tampil di panggung IFW 2024 adalah Kami. Kali ini, Kami. menghadirkan koleksi “Little Thing Matters” dengan motif bunga-bunga liar juga ornamen pita yang membuat pemakainya tampil lebih muda dan fashionable. Koleksi ini juga menjadi koleksi pre-Lebaran Kami. Yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya adalah koleksi ini tidak dibuat untuk versi sarimbit seperti umumnya baju Lebaran.

“Sejalan dengan tema Wardah ‘Make Your Way for Goodness’, maka Little Things Matter ala Kami. ini mengajak kita semua untuk bersyukur dengan hal-hal kecil kita miliki,” ujar Creative Director Kami. Nadya Karina.

Brand selanjutnya yang digandeng Wardah adalah Puru Kambera. Koleksi "Kamala" yang dihadirkan Puru Kambera merupakan alkuturasi dari budaya peranakan dan Jawa klasik. Perpaduan itu tampak dari sejumlah material maupun ornamen yang digunakan seperti kancing cheongsam, kebaya kutu baru, juga kain tradisional.

“Tantangan terbesar yang kami hadapi adalah timeline yang ketat. Bisa dibilang kami sedikit terlambat untuk mempersiapkan koleksi Lebaran. Kami harus menyiasati untuk mengganti beberapa bahan yang habis di supplier, juga mengejar produksi untuk memenuhi permintaan customer, alhamdulillah kami mampu menyelesaikannya dengan baik,” kata Ragil Silvia, Founder Puru Kambera mengisahkan kesulitan yang dihadapi saat mempersiapkan koleksi Raya.

Selanjutnya ada Haidee & Orlin yang menghadirkan koleksi super feminine look dalam warna-warna lembut dan kaya detail.

“Koleksi ini terinspirasi dari musim panen petani. Haidee & Orlin memaknai ibadah Ramadan sebagai kegiatan ‘memupuk’ kebaikan dan amal saleh dan pada akhirnya, Hari Raya merupakan waktu ‘panen’ kebaikan yang menghadirkan suka cita,” ungkap Founder Haidee & Orlin Meity Uzier.

Inspirasi tersebut dituangkan dalam koleksi ‘Harvest de Lune’ dalam seri yang khusus dibuat untuk tampil di panggung Indonesia Fashion Week 2024.

Terakhir, ada Ria Miranda. Koleksi Signature Raya Ria Miranda yang tampil di IFW 2024 adalah “Selayar”. Koleksi ini terinspirasi dari perempuan Makassar yang menunggu sang suami berlayar dengan kegiatan menenun. Dan kegiatan menenun ini akhirnya juga bisa dioptimalkan sebagai mata pencaharian bagi perempuan. Salah satu motif yang dihadirkan adalah bunga Lagosi.

Tak hanya keempat brand tersebut, Wardah juga menggandeng empat fashion brand terpilih dari ajang Wardah Modestverse yaitu Hi. Prima, Kimmyra, Arabelle, dan Breena. Para founder menyatakan rasa terima kasih mereka kepada Wardah karena mendapat kehormatan tampil di Indonesia Fashion Week 2024.

“Kami sangat bangga bisa menjadi salah satu pilihan di Wardah Modestverse, sejak di Surabaya, kami memang sudah beberapa kali bekerja sama dengan Wardah. Harapan kami, kerja sama terus berjalan agar local brand bisa memperluas pasar secara nasional,” ujar Prima selaku Founder Hi. Prima.

“Breena berharap ini jadi langkah baru untuk bersama memberdayakan lebih banyak perempuan dan bisa menjadi lebih baik lagi,” kata Rohimah, founder Breena.




Buah dan Sayur Sebagai Pengganti Skincare, Memang Bisa?

Sebelumnya

Mouna by Falasifa, Modest Wear Sporty-Casual yang Lahir dari Kedalaman Spiritual

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga